Categories
Edukasi

Saatnya Anak Muda Melek Politik

Muda melek politik itu sangat penting untuk dilakukan akan tetapi masyarakat Indonesia terutama generasi muda atau yang biasa disebut milenial saat ini masih belum atau kurang memiliki kesadaran tentang politik (Muda Tidak Melek Politik). Mereka itu hanya menganggap bahwa politik itu hal yang biasa, tidak penting dan menanggap baik buruknya keadaan politik di dalam negara ini tidak lah berpengaruh terhadap keberlangsungan hidup mereka. 

Mayoritas generasi muda di Indonesia masih belum ikut berpartisipasi atau biasa yang disebut apatis dalam politik di Indonesia, padahal generasi muda lah yang seharusnya meningkatkan partisipasi mereka terhadap politik di Indonesia untuk memperbaiki keadaan politik di Indonesia dan menyelamatkan masa depan negara ini karena generasi muda lah yang akan menjadi pemimpin masa depan negara ini. 

Melalui pemuda, keadaan politik di Indonesia setidaknya bisa menjadi lebih baik kedepannya karena pemuda memiliki gagasan-gagasan atau cara baru yang bisa mereka sampaikan melalu Think & Action dalam upaya memperbaiki keadaan politik yang ada di Indonesia.

Namun, yang terjadi saat ini mayoritas generasi muda di negara Indonesia kurang peduli terhadap politik di negara kita. Bahkan, tingkat partisipasi politik terkecil saja yaitu dalam menggunakan hak pilih pemuda Indonesia masih acuh tak acuh, bahkan mereka tidak menggunakan hak pilih mereka sama sekali, mereka beranggapan bahwa hasil dari pemilihan umum yang melahirkan pemimpin baru tersebut tidak berpengaruh sama sekali terhadap hidup mereka dan beranggapan siapapun yang memimpin negara ini semua sama saja.

Tetapi jika ada masalah dalam kepemimpinan di negara ini, para pemuda Indonesia langsung bertindak tanpa mereka intropeksi diri terlebih dahulu. Mereka melakukan demonstrasi dengan cara yang salah, mereka menyampaikan aspirasi mereka dengan anarkis, brutal yang bisa menyebabkan kerugian di negara Indonesia, misalnya akibat demonstrasi yang anarkis tersebut dapat merusak fasilitas yang telah disediakan negara, seperti gedung kantor akibat ulah yang dilakukan oleh generasi muda yang melakukan aksi demonstrasi tersebut. 

Generasi muda di Indonesia terlalu mudah termakan isu politik yang bisa jadi isu tersebut HOAX, pemuda Indonesia tidak menyaring berita yang beredar dari mana sumber berita tersebut atau benar atau tidaknya berita tersebut sehingga mereka dengan mudah melakukan aksi yang dapat merugikan banyak pihak.

Hal itu semua terjadi akibat kurangnya pendidikan politik di kalangan generasi milenial Indonesia. Pendidikan politik bagi generasi muda sangat lah penting karena melalui pendidikan politik generasi muda dapat memperoleh sikap dan orientasi terhadap fenomena politik yang terjadi di Indonesia. Sehingga akan terciptanya Muda Melek Politik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *