home


Gemar makan ikan

Banyak manfaat yang akan didapat jika anak-anak gemar makan ikan, salah satunya membantu tumbuh kembang otak sehingga dapat mencerdaskan anak

Baik untuk ibu hamil atau menyusui dan juga anak-anak balita sejak dini, mengingat ikan mengandung protein yang sangat baik untuk kesehatan, Peningkatan kuantitas dan kualitas pangan masyarakat menuju gizi seimbang merupakan aspek penting dalam membangun kualitas sumberdaya manusia.

Untuk itu perlu didorong dengan program- program yang mengembangkan aspek kuliner dan daya terima konsumen melalui berbagai pendidikan gizi, penyuluhan, dan kampanye gizi untuk meningkatkan citra pangan, pendapatan dan pendidikan masyarakat. Ikan merupakan salah satu sumber pangan hewani yang mudah diperoleh oleh segala lapisan masyarakat dengan ketersediaan yang cukup dan melimpah. Nilai gizi yang terkandung dalam daging ikan sudah diakui keunggulannya oleh ahli gizi dunia.

Salah satu bangsa yang tingkat konsumsi ikannya tinggi didunia adalah Jepang dengan tingkat konsumsi 120 kg/kap/tahun terkenal akan kecerdasannya. Beberapa negara maju lainnya tingkat konsumsi ikannya juga tinggi seperti: Korea Selatan 85 kg/kap/tahun, Hongkong 80 kg/kap/tahun, dan Taiwan 65 kg/kap/tahun. Dibandingkan dengan tingkat konsumsi ikan Nasional Indonesia tentunya sangat jauh tertinggal. Bahkan jika dibanding dengan beberapa negara tetangga seperti Malaysia (54 kg/kap/tahun) dan Filipina (40 kg/kap/tahun) tingkat konsumsi ikan kita juga lebih rendah.

Menggerakkan budaya mengkonsumsi ikan di masyarakat adalah upaya pemerintah dalam mencerdaskan generasi bangsa. Namun upaya tersebut masih terkendala oleh beberapa faktor seperti:

  1. Hambatan sosial budaya dan kebiasaan makan daging.
  2. Masih rendahnya pemahaman masyarakat terhadap manfaat mengkonsumsi ikan.
  3. Mutu produk yang tersedia masih rendah,
  4. Terbatasnya diversifikasi produk olahan,
  5. Sarana dan parasarana distribusi pemasaran yang masih sangat terbatas.

Perlu dukungan dari segala pihak untuk mengatasi hambatan sosial budaya yang berdampak terhadap animo masyarakat dalam mengkonsumsi ikan. Melalui sosialisasi dan publikasi secara kontinu tentang keutamaan makan ikan baik di media massa, melalui program dan kegiatan, serta demo dan promosi diharapkan terjadi perubahan cara pandang masyarakat terhadap ikan sebagai sumber bahan pangan yang penting.


gemar makan ikan